Longsor Di Lhokseudu Lumpuhkah Lintas Aceh Besar-Calang

396

Acehraya.co.id – Longsor terjadi di jalur lintas Aceh Besar-Aceh Jaya, tepatnya di kawasan pegunungan Gle Pulot, Lhokseudu, Kecamatan leupung, Kabupaten Aceh Besar.

Longsor yang terdiri dari bebatuan gunung dan tanah ini menutupi badan jalan, hingga memutuskan arus lalu lintas dari Leupung menuju Calang dan sebaliknya.

Longsor menutupi jalan di KM 27 Lhokseudu, Aceh Besar (Habadaily)
Longsor menutupi jalan di KM 27 Lhokseudu, Aceh Besar (Habadaily)

Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Besar, Ridwan Djamil mengatakan longsor terjadi di Km 27 Lhokseudu, Leupung. Longsor terjadi sejak pukul 17.00 WIB saat hujan dan angin melanda kawasan Aceh Besar.

“Jalur sempat tidak bisa dilalui kendaraan hingga beberapa jam tadi, namun kini sudah bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat ukuran sedang, beberapa alat berat sudah bisa membersihkan tananh yang menimbun badan jalan, namun arus lalu lintas dilakukan buka tutup,” ucap Ridwan, Minggu malam (12/6/2016).

Malam ini, sebut dia BPBD Aceh Besar akan terus melakukan pembersihan badan jalan sehingga arus lalu lintas bisa berjalan lancar.

“Saat ini kita juga sedang menunggu bantuan alat berat dari pihak TNI terutama Kodim 0101/BS, untuk membantu membersihkan ruas jalan, namun untuk batu-batu ukuran sangat besar, kita akan menunggu esok hari dengan alat berat lainnya,” katanya.

Kondisi tanah yang tidak stabil diduga menjadi penyebab lonsoran batu dan tanah di kawasan tesebut. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

“Meskipun tadi kita dengan ada kendaraan umum jenis L-300 yang terkena serpihan batu, tapi semua penumpang selamat, hanya sebagian mengalami lecet kecil saja,” ucap dia.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY