Pakai Aplikasi e-KPO PNS Aceh Naik Pangkat

382
Ilustrasi PNS (jelajahberita.com)

Acehraya.co.id – Pemerintah Kota Banda Aceh memperkenalkan aplikasi e-KPO yang memudahkan pegawai negeri sipil untuk mengurus kenaikan pangkat secara otomatis.

Adalah aplikasi e-KPO (kenaikan pangkat otomatis) merupakan aplikasi kenaikan pangkat otomatis tanpa persoalan administrasi yang menyulitkan PNS.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Banda Aceh Emila Sovayana mengatakan aplikasi e-KPO merupakan wujud dari komitmen BKPP memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas bagi seluruh PNS di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh.

“Ini merupakan interpretasi dari misi BKPP dalam mengembangkan sistem pelayanan informasi manajemen kepegawaian yang terintegrasi dan berbasis teknologi informasi,” tulis Emila dalam keterangan resmi, Selasa (14/6/2016).

Emila menuturkan pada tahap pertama, aplikasi ini akan melayani kenaikan pangkat reguler PNS mulai TMT 1 Oktober 2016.  Sedangkan, kenaikan pangkat bagi pejabat struktural dan fungsional tertentu, katanya, sementara masih dilayani dengan sistem manual. Dia mengungkapkan versi pertama masih dalam tahap penyempurnaan hingga bisa melayani seluruh kenaikan pangkat.

Adapun cara penggunaan aplikasi e-KPO, katanya, peran Kasubbag Kepegawaian/Kepala Tata Usaha sangatlah besar karena berfungsi sebagai user 1 yang menyetujui dan mengirimkan inbox nominatif PNS yang akan mengusulkan kenaikan pangkat oleh SKPD setelah mempelajari daftar nomintaif yang dikirimkan BKPP melalui aplikasi ini.

Lalu tugas Kepala SKPD (user 2) adalah menyetujui atau menolak usulan daftar nominatif yang telah disetujui oleh Kasubbag Kepegawaian/Kepala Tata Usaha. Kasubbag Kepegawaian/Kepala Tata Usaha berhak menambah usulan PNS yang akan mengusulkan kenaikan pangkat atas persetujuan Kepala SKPD bila syarat terpenuhi meski PNS yang bersangkutan tidak tercantum dalam daftar nominatif yang dikirim BKPP.

Untuk pemahanan yang lebih mendalam tentang aplikasi ini, BKPP akan menggelar Diklat Teknis pada tanggal 15 Juni dan 16 Juni 2016 di Banda Aceh Akademi (BAA) untuk seluruh Kasubbag Kepegawaian/Kepala Tata Usaha lingkungan Pemko Banda Aceh. []

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY