Aceh Promosikan Branding “The Light Of Aceh” Untuk Destinasi Wisata Halal Dunia

371

Acehraya.co.id – Kementerian Pariwisata menunjuk Aceh sebagai daerah nominasi percepatan destinasi wisata halal dunia. Untuk menambah daya jual wisatanya, Pemerintah Aceh meluncurkan branding terbaru bernama “The Light of Aceh”.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi mengatakan, pihaknya telah mengatur sejumlah agenda untuk memperkenalkan branding pariwisata Aceh terbaru tersebut. Salah satunya juga akan membentuk tim halal volunteer.

“Saat ini beberapa agenda telah kita siapkan, seperti sosialisasi dan diskusi dengan komunitas, dalam waktu dekat kita nantinya akan merangkul teman-teman komunitas di Aceh untuk bisa sama-sama membantu mengenalkan branding dan voting wisata halal,” ujarnya dalam siaran pers diterima Acehraya.co.id.

Branding wisata “The Light of Aceh” sendiri sudah resmi diperkenalkan Disbudpar dalamn acara buka puasa bersama dengan berbagai komunitas, seperti komunitas sosial media, blogger, traveller, fotografi dan lainnya.

Seperti diketahui bahwa kehadiran branding baru pariwisata Aceh ini tentu perlu promosi yang terus disebarkan dengan melibatkan komunitas daring di Aceh. Untuk mengenalkan branding terbaru “The Light of Aceh” ini, Disbudpar Aceh telah memberikan sinyal kepada blogger dan komunitas untuk mengeksplor lewat tulisan dan foto diberbagai media sosial.

Hal ini tentu menjadi sebuah pergerakan positif, keterlibatan komunitas online dan offline dalam mem-branding Aceh, terlebih lagi Aceh juga akan mengajukan diri sebagai destinasi wisata halal nasional yang akan digelar dalam waktu dekat voting.

Seperti diketahui, jumlah wisatawan ke Kota Banda Aceh dihitung dari jumlah tamu yang menginap di hotel/akomodasi adalah sebagai berikut. Jumlah kunjungan wisman selama 2014 mencapai 11.103 dibandingkan 5.317 pada tahun 2013. Jumlah wisnus  tahun 2014 sebanyak 224.939 dibandingkan dengan tahun 2013 yang mencapai 229.589.

Kementerian Pariwisata menyebutkan, untuk tahun ini telah menetapkan target kunjungan wisnus ke Aceh sebesar  satu juta. Target wisman yang awalnya 40 ribu kunjungan kini dinaikkan menjadi 100 ribu. Dan total jumlah wisatawan yang datang ke kota Banda Aceh ditargetkan 25% dari total jumlah wisatawan yang berkunjung ke Provinsi Aceh.

Dalam pengembangangn ekonomi dan pariwisata, Pemerintah Kota dan Kabupaten bekerja sama antar wilayah. Seperti Kota Banda Aceh bekerja sama dengan Sabang dan Aceh Besar dalam hal mempromosikan wisata halal. []

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY