Simak Video Potret Keindahan Alam Dan Pendidikan di Pedalaman Aceh Timur

950
Keindahan alam yang dapat dinikimati selama dalam perjalanan menelusuri Sungai Tamiang, Foto by ; Andri Munazir

Acehraya.co.id – Desa Tampur Paloh merupakan salah satu dari beberapa Desa terpencil dan terisolir di Aceh Timur. Di desa ini tidak ada fasilitas penerangan listrik, pun tidak ada sarana komunikasi. Perjalanan menuju desa ini hanya bisa ditempuh melalui moda trasportasi sungai. Butuh waktu lima jam atau enam jam untuk mencapai desa ini dari Kota Kuala Simpang, Ibukota Kabupaten Aceh Tamiang.

Menurut tokoh desa setempat, Desa Tampur Paloh merupakan desa tertua di Kecamatan Simpang Jernih, Aceh Timur. Namun kurangnya perhatian pemerintah daerah sejak puluhan tahun, membuat desa yang mayoritas penduduknya dihuni suku Gayo ini menjadi salah satu daerah tertinggal.

Karena itu, tak heran banyak penduduk di desa ini mengalami buta aksara. Beruntung, kini masalah ketertinggalan pendidikan warga di desa tersebut menjadi perhatian banyak pihak.

Adalah Andri Munazir, Perwakilan komunitas  1000 Guru Aceh, yang berhasil mengabadikan potret keindahan alam Aceh dan kondisi pendidikan di Desa Tampur Paloh, Kecamatan Simpang Jernih, Aceh Timur melalui video dibawah ini.

Seperti diketahui, kedatangan Andri Munazir dan kawan-kawan ke desa setempat bukan tanpa alasan. Berkat kerjasama PT Pertamina EP Field Rantau dan National Geographic Indonesia, melalui kegiatan #InspirasiEnergiNegeri, perwakilan komunitas 1000 Guru Aceh di undang untuk melihat langsung kondisi sekolah SMP Swasta Merdeka yang berada di pedalaman Aceh Timur.

Melalui program corporate social responsibility (CSR) PT Pertamina EP Field Rantau, Desa Tampur Paloh dijadikan sebagai sasaran yang berkaitan dengan kepedulian untuk mengembangkan pendidikan masyarakat di desa terpencil atau kawasan yang minim fasilitas pendidikan. [AF]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY