Pemuda Aceh Raya Optimis

838

Acehraya.co.id – Pemuda dan Mahasiswa Aceh Raya, optimis pembentukan kabupaten baru tersebut akan dimulai akhir tahun ini. Bahkan ditargetkan, proses birokrasi baru di Aceh Raya akan dimulai sejak awal 2017 mendatang.

Salah seorang tokoh pemuda mahasiswa Aceh Raya, Teungku Helmi mengaku, proses pemekaran Kabupaten Aceh Besar itu, hingga kini masih dalam tahapan administrasi di pusat. Hal ini sudah mendapat restu dari DPRK dan Bupati Aceh Besar, DPRA hingga Gubernur Aceh.

“Maka kita sangat optimis Kabupaten Aceh Raya akan terbentuk akhir 2016, dan awal 2017 akan dimulai birokrasinya. Kami dari pemuda dan mahasiswa menyakini dengan semua persyaratan yang ditetapkan undang-undang, telah kami penuhi, beberapa bulan kedepan akan tuntas,” kata Teungku Helmi, Jumat, 22 Juli 2016.

Ketua Himpunan Mahasiswa Peukan Bada itu menuturkan, perjuangan Kabupaten Aceh Raya telah menghabiskan waktu yang sangat lama semenjak tahun 1999. Usaha dan doa itu lanjutnya, mulai berbuah manis dan menunjukan hasil yang sangat baik buat masyarakat.

Dikatakan Teungku Helmi, pemekaran ini sama sekali tidak merugikan kabupaten induk. Justru menurutnya, dengan adanya pemekaran ini akan membuat pembangunan di calon kabupaten baru itu, semakin merata.

“Setelah semua persyaratan di kabupaten dan provinsi selesai, maka tahapan selanjutnya menunggu pengesahan Presiden melalui Kementerian Dalam Negeri. Apalagi Aceh Raya juga sudah pernah di kunjungi oleh pihak Mendagri  2011 lalu,” jelasnya.

Hasilnya kata Helmi, dari tim tersebut mengatakan bahwa Aceh Raya sangat layak untuk dijadikan Daerah Otonom Baru (DOB). Sehingga dasar kunjungan itu menjadi referensi pembentukan kabupaten baru yaitu Aceh Raya oleh Mendagri beberapa bulan kedepan.

Pihaknya mengaku pemuda dan mahasiswa akan terus mengawal jalannya proses pembentukan kabupaten baru ini. Kata Helmi, kini dirinya bersama pemuda mahasiswa lain, telah membentuk tim kecil mendiskusikan rumusan grand desain untuk kesiapan menjalankan birokrasi baru nantinya.

“Terbentuknya Aceh Raya harus matang dari segala apapun pra terbentuk sampai pasca terbentuk. Sejauh ini kita terus melakukan koordinasi dengan panitia pemekaran, terutama dengan bapak Dahlan Sulaimanan dan panitia lainnya. Kami komit mengawal dan membantu sampai benar-benar tuntas proses ini,” ungkap Sekretaris Percepatan Pemekaran Aceh Raya Ini.[]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY