Aceh Peringati Global Tiger Day 2016

379

Acehraya.co.id – Memperingati Hari Harimau Sedunia (Global Tiger Day) yang jatuh setiap tahunnya pada tanggal 29 Juli, berbagai lintas komunitas di Banda Aceh akan melakukan aksi kampanye yang bertajuk “Aceh for Global Tiger Day 2016”, di depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, pada hari Jumat, (29/07/2016).

Koordinator Aksi dari Earth Hour Aceh, Cut Ervida mengatakan, Hari Harimau Sedunia 2016 diperingati dengan melakukan aksi kampanye penyadaran untuk masyarakat mengenai pentingnya meningkatkan jumlah harimau di dunia yang saat ini sedang terancam punah. Aksi ini ditandai dengan memberikan cap jempol dukungan pada spanduk.

“Di dunia saat ini hanya ada lima spesies harimau, salah satunya adalah Harimau Sumatera, satu-satunya spesies harimau yang tersisa di Indonesia. Harimau Sumatera saat ini dikhawatirkan menuju ambang kepunahan karena banyak diburu untuk diperdagangkan,” kata Ervida, Kamis (28/07/2016) sore.

Dia menuturkan, dukungan publik sangat penting untuk meningkatkan kembali populasi harimau karena tekanan manusia merupakan faktor utama dari berkurangnya populasi harimau. Ia berharap, aksi peringatan Hari Harimau Sedunia memberikan dampak positif bagi penyelamatan harimau di Aceh.

“Perlu aksi positif dari masyarakat, LSM, komunitas dan media untuk memberikan suara dan aksi nyata untuk mendesak pemerintah dan aparat penegak hukum mengambil kebijakan dan aksi nyata dalam mencegah kepunahan harimau melalui kebijakan pembangunan yang pro lingkungan dan penegakan hukum terhadap kejahatan satwa,” tuturnya.

Aksi peringatan Hari Harimau Sedunia di Banda Aceh diinisiasi oleh Gerakan Earth Hour Aceh dan Forum Kolaborasi Komunitas Banda Aceh. Dan didukung oleh WWF Indonesia, Forum Harimau Kita, Fauna & Flora International (FFI), serta Forum Konservasi Leuser.

Dalam aksi kampanye ini akan menggalang dukungan masyarakat dan lintas komunitas anak muda di Banda Aceh untuk penyelamatan Harimau Sumatera melalui #ThumbsUpForTiger. []

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY