Atlet Renang Aceh Raih Emas

454
Atlet Renang Aceh Foto : SERAMBI/BUDI FATRIA

*Plus Tiga Perak di Seleknas


Acehraya.co.id – 
Dua perenang Aceh meraih satu medali emas dan tiga perak dalam selekesi nasional (Seleknas) Test Event Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 Jawa Barat Kelompok Umur Senior. Ajang ini diadakan sejak 3-4 September di Kolam Renang Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jawa Barat.

Satu medali emas dan satu perak disumbang Vanesa Vebiola. Sedangkan dua perak diraih Gilbert Garcia. Ini raih yang cukup menggembirakan bagi persiapan Aceh menghadapi PON. Karena kolam renang UPI Bandung merupakan tempat yang akan digunakan untuk perlombaan cabang renang PON XIX 2016 Jawa Barat.

Keberhasilan Vanesa Vebiola meraih emas setelah finis tercepat di nomor 50 meter gaya bebas dengan catatan waktu 29,22 detik. Sedangkan upaya Vanesa untuk merebut medali emas di nomor 50 meter gaya dada tak berhasil. Karena perjuangan Vanesa hanya mampu finis di posisi kedua dengan catatan waktu 37,08 detik.

Sedangkan Gilbert Garcia telah berjuang maksimal untuk dapat meraih medali emas. Tapi upaya untuk menjadi juara di nomor 50 meter gaya bebas kandas. Karena Gilbert harus puas di posisi kedua atau meraih medali perak dengan catatan waktu 25,91 detik. Begitu juga saat turun di nomor 200 meter gaya bebas. Kerja keras Gilbert juga tak berhasil setelah finis di urutan kedua dengan catatan waktu 2 menit 05,63 detik.

Ketua Harian PRSI Aceh, Dr Hajidin MPd mengatakan, pihaknya hanya menurunkan dua perenang dalam even tersebut, yaitu Vanesa Vebiola dan Gilbert Garcia. Sedangkan Guntur yang selama ini diandalkan untuk meraih medali di PON XIX 2016 Jawa Barat tidak diturunkan. “Dia (Guntur-red) pernah mengalami cedera. Kita khawatirkan nanti dia cidera lagi. Jadi Guntur benar-benar kita persiapkan untuk PON yang waktunya semakin dekat,” kata Hajidin.

Hajidin mengatakan, hasil yang diperoleh pada even jelang PON XIX 2016 tersebut setidaknya dapat menjadi gambaran bagi PRSI Aceh tentang kemampuan atlet. Ini menjadi kesempatan untuk terus memacu kemampuan atlet dalam sisa waktu menuju pertandingan PON. Tujuanya supaya prestasi yang diraih dapat dimaksimalkan saat tampil di Jawa Barat.

“Seleknas Test Event Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 Jawa Barat diikuti oleh 17 provinsi dengan jumlah total peserta sebanyak 353 atlet putra dan putri. Ada beberapa provinsi yang tidak ikut serta dalam even tersebut, seperti DKI Jakarta. Atlet renang mereka (DKI Jakarta-red) sekarang sedang mengikuti pemusatan latihan di luar negeri.” pungkasnya.

[aceh.tribunnews.com]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY