Gampong Nusa, Desa Wisata Sosial Di Aceh

1833
Potret salah satu sudut Gampong Nusa, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar/ Foto : ANDRI MUNAZIR

Acehraya.co.id – Jika anda berkunjung ke Banda Aceh, jangan lupa kunjungi Gampong Nusa di Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar. Gampong ini merupakan salah satu daerah wisata yang menjadi andalan Kabupaten Aceh Besar.

Gampong ini hanya berjarak hampir 10 kilometer dari Kota Banda Aceh. Bisa ditempuh kurang dari 10 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor dari kawasan pantai wisata Lampu’uk, Aceh Besar.

Banyak yang tidak menyadari gampong ini telah menjadi representatif sebagian keindahan alam Tanoh Rincong dan menjadi kampung wisata bagi turis yang ingin menikmati wisata alam di Aceh.

Saat menginjakkan kaki di sana, anda akan disuguhkan panorama alam yang indah. Pemandangan hamparan sawah yang hijau membentang dialiri air segar langsung dari bersumber dari mata air pegunungan. Keindahan gugusan Bukit Barisan berdiri tegak di sisi kiri gampong menciptakan sebuah wahana wisata alam yang indah menambah pesona suasana alam di gampong tersebut. Ditambah lagi Keramah-tamahan warga gampong juga membuat pengunjungnya akan merasa nyaman berada di kawasan tersebut.

Selain keindahan alam, Gampong Nusa juga menawarkan beragam wisata seni dan budaya hingga wisata kuliner yang merupakan peninggalan nenek moyang yang menjadi kearifan lokal.

Baca : Wisata Social Ecotourism Di Kampung Nusa, Aceh Besar

Salah satunya Festival Nusa yang sudah digelar masyarakat setempat sejak 2007 silam. Dalam festival ini beragam seni dan budaya Aceh ikut dipertontonkan sebagai wadah hiburan bagi masyarakat setempat. Dari permainan tradisional anak-anak seperti permainan Sendal Batok, Sambar elang, Petak umpet hingga pementasan seni tari Aceh.

Begitu juga dengan wisata kuliner, beragam makanan tradisional Aceh yang tak kalah lezatnya disajikan di gampong ini. Jika anda mengunjungi Gampong Nusa, anda bisa langsung mencicipi lezatnya masakan asli Aceh seperti Mie Aceh, Ayam Tangkap, Asam Udang, Eungkot Keumamah (ikan kayu), Kuah Pliek dan Gule Asam Keu’ung.

Rubama seorang tokoh masyarakat di Gampong Nusa mengatakan, kampung wisata ini dijalankan berbasis masyarakat. Warga gampong mulai mengenalkannya sejak Januari 2016 dan telah banyak dikunjungi oleh turis lokal dan mancanegara.

“Tamu yang datang untuk berwisata ke sini beragam ada dari lokal, nasional dan juga luar negeri seperti Malaysia, Thailand dan Filipina,” katanya di Gampong Nusa.

Ia menyebutkan saat ini di Gampong Nusa juga menyediakan penginapan yang tersebar di rumah-rumah masyarakat yang siap melayani seluruh tamu yang ingin berlibur dan menikmati keindahan alam pedesaan.

Hadirnya Gampong Nusa sebagai kampung wisata membuat para wisatawan memberikan apresiasi terhadap inisiatif masyarakat dalam menyiapkan berbagai sarana pendukung sebagai sebuah destinasi wisata.

“Saya melihat masyarakat di Gampong Nusa sangat antusias menyiapkan berbagai sarana pendukung sebagai kawasan wisata seperti penginapan, kerajinan tangan, seni, kuliner dan beragam kegiatan lainnya,” ujar Fakhrizan salah satu pengunjung gampong Nusa beberapa waktu lalu.

Selain itu, beberapa operator travel mengatakan menyambut baik dengan adanya program gampong wisata berbasis masyarakat ini. Apalagi, gampong Nusa terus berupaya meningkatkan berbagai sarana pendukung seperti toilet yang memadai dan juga penunjuk arah.

Sejumlah Pihak berharap langkah yang telah dilakukan oleh Gampong Nusa tersebut dapat diikuti oleh gampong lainnnya di Aceh, sehingga upaya meningkatkan kunjungan wisata dan menyejahterakan masyarakat dapat terwujud di masa mendatang. []

1 COMMENT

LEAVE A REPLY