Aceh Juara di 3 Kategori Kompetisi Wisata Halal Indonesia

570

Acehraya.co.id – Kementerian Pariwisata RI bersama Tim Percepatan dan Pengembangan Pariwisata Halal telah mengumumkan nama-nama pemenang KPHN 2016. Pengumuman itu berlangsung di Hotel Sofyan Betawi, Jakarta Pusat, Rabu, 21 September 2016.

Kerja keras Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh dalam mempromosikan wisata halal di Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016 terbayar sudah. Dari total 15 kategori yang dilombakan, Aceh menjadi juara di tiga kategori sekaligus.

Mengutip keterangan di situs kemenpar.go.id, hadir dalam acara itu Ketua Tim TP3H Riyanto Sofyan dan jajaran TP3H, dewan juri KPHN 2016 dan sejumlah undangan.

Ketua Tim TP3H  Riyanto Sofyan mengatakan, para pemenang KPHN 2016 ini akan mewakili Indonesia ikut dalam ajang World Halal Tourism Award (WHTA) 2016 yang akan berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emeriat Arab (UEA) pada  Desember 2016 mendatang.

Menurutnya, ada tiga aspek penting dalam penilaian KPHN 2016  yaitu; pertama profile meliputi profil destinasi atau usaha dan komitmen pada kepatuhan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan muslim, sertifikasi halal untuk produk makanan dan minuman, penyediaan fasilitas kemudahan untuk beribadah, dan komitmen yang tergambar dalam kebijakan, strukturorganisasi, kepemimpinan, system operasional.

Kedua key achievements menggambarkan performance destinasi atau usaha, data pasar dan perkembangannya, capaian dan target pasar, kepuasan konsumen, kinerja keuangan, system prosedur dan pembinaan SDM.

“Dan ketiga unique aharacteristics merupakan inovasi dan terobosan produk dan pelayanan yang sesuai pada komitmen pemenuhan kebutuhan wisatawan muslim.”

Pemberian penghargaan Anugerah Pariwisata Halal Terbaik 2016 untuk 15 kategori tersebut meliputi; (1) Airport Ramah Wisatawan Muslim Terbaik. (2) Hotel Keluarga Ramah Wisatawan Muslim Terbaik. (3) Resort Pantai Ramah Wisatawan Muslim Terbaik. (4) Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik. (5) Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik. (6) Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik. (7) Operator Haji dan Umroh Terbaik. (8) Destinasi Wisata Halal Terbaik. (9) Destinasi Kuliner Halal Terbaik. (10) Destinasi Budaya Terbaik. (11) Sentra Kuliner Halal Terbaik. (12) Pusat Belanja Ramah Wisatawan Muslim. (13) Restoran Halal Terbaik. (14) Daya Tarik Wisata Terbaik dan (15) Kuliner Halal Terbaik.

Berikut Daftar Pemenang KPHN 2016

1.     Airport Ramah Wisatawan Muslim Terbaik

Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh, Aceh)

2.     Hotel Keluarga Ramah Wisatawan Muslim Terbaik

The Rhadana (Kuta, Bali)

3.     Resort Ramah Wisatawan Muslim Terbaik

Novotel Lombok Resort & Villas (Lombok Tengah, NTB)

4.     Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik

Ero Tour (Sumatera Barat)

5.     Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik

Wonderful Lomboksumbawa (www.wonderfullomboksumbawa.com) (NTB)

6.     Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik

Kawasan Lembah Sembalun (Lombok timur, NTB)

7.     Operator Haji & Umroh Terbaik

ESQ Tours Travel (Jakarta Selatan)

8.     Destinasi Wisata Halal Terbaik

Sumatera Barat

9.     Destinasi Kuliner Terbaik

Sumatera Barat

10.  Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik

Aceh

11.  Sentra Kuliner Halal Terbaik

Kantin Salman ITB Bandung (Bandung, Jawa Barat)

12.  Pusat Belanja Ramah Wisatawan Muslim Terbaik

Botani Square (Bogor, Jawa Barat)

13.  Restoran Halal Terbaik

Rumah Makan Lamun Ombak (Padang, Sumatera Barat)

14.  Daya Tarik Wisata Terbaik

Masjid Raya Baiturrahman (Banda Aceh, Aceh)

15.  Kuliner Halal Khas Daerah Terbaik

Ayam Taliwang Moerad (NTB)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY