Wanda Group Hadirkan Taman Wisata Saingi Disneyland

562
Perusahaan Cina, Dalian Wanda berencana membangun 20 kompleks wisata untuk menyaingi Walt Disney./AFP

Acehraya.co.id – Dalian Wanda bersiap meningkatkan persaingan dengan Walt Disney melalui pembukaan taman bermain di Cina.

Pada Sabtu (24/9), perusahaan itu menyambut para pengunjung pertamanya di kawasan wisata yang dibangun dengan menghabiskan uang sebanyak 34 miliar yuan (atau sekitar Rp66 triliun).

Di taman wisata yang berlokasi di Hefei ini, Dalian Wanda juga membangun fasilitas hotel dan pusat perbelanjaan.

Perusahaan tersebut berencana mendirikan 20 komplek wisata lain di berbagai kawasan di Cina pada 2020.

Pada Mei, Wanda meluncurkan sebuah taman bermain di Nanchang hanya beberapa minggu sebelum Disney meluncurkan taman bermain di Shanghai. Mereka secara blak-blakan mengatakan pembukaan taman ini dalam rangka menyaingi perusahaan Amerika Serikat, Walt Disney.

Pada pembukaan taman wisata di Nanchang, pemilik perusahaan Wanda sekaligus orang terkaya di Cina, Wang Jianlin, mengatakan dirinya ingin menyingkirkan Barat dan membangun merek global berdasarkan budaya Cina.

Pemilik perusahaan Wanda, Wang Jianlin: tidak terlalu tertarik dengan kehadiran Disney di Cina/AFP
Pemilik perusahaan Wanda, Wang Jianlin: tidak terlalu tertarik dengan kehadiran Disney di Cina/AFP

Dalam sebuah wawancara di bulan Mei dengan penyiar stasiun televisi Cina, CCTV, Wang mengatakan bahwa Wanda ingin “memastikan Disney tidak menguntungkan selama 10-20 tahun dalam segmen bisnis ini di Cina”.

Wahana bermain Disney di Shanghai merupakan taman rekreasi keenam, wahana keempat di luar Amerika Serikat setelah Paris, Tokyo dan Hong Kong.

Persaingan antar keduanya terjadi saat ekonomi Cina melambat dan mempengaruhi belanja konsumen dalam negeri.

Di jaringan bioskop Wanda, penjualan tiket hanya naik sekitar 12,8% pada kuartal kedua dibandingkan dengan kuartal pertama sebesar 61%.

Pekan lalu, Wanda mengumumkan kerja samanya dengan perusahaan Sony, sementara pada bulan Januari, mereka membeli saham perusahaan film AS Legendary Entertainment.

[bbcindonesia.com]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY