BMKG : Wilayah Aceh Akan Diguyur Hujan Hingga 3 Hari Kedepan

468
foto by @SyakyaMeirizal

Acehraya.co.id – BMKG memperkirakan wilayah Aceh akan diguyur hujan hingga 3 hari ke depan mulai dari hujan ringan, sedang dan bahkan hujan lebat.

Hal itu dikarenakan Munculnya topan Sarika di Laut Cina Selatan yang diikuti tropikal  storm Haima di Samudra Fasifik di Timur Philipina dan low pressure diteluk Benggala, juga timbul low pressure di Samudra hindia baigan barat pulau jawa, maka akan berpengaruh cuaca di Propinsi Aceh.

Menurut informasi yang diterima mediaaceh.co, dengan terjadinya gangguan cuaca di Laut Cina Selatan, Teluk Benggala dan di Samudra Hindia bagian barat pulau jawa ini mengakibatkan terjadinya konvergen atau penyatuan arah angin sehingga terjadi pengumpulan massa udara di atas wilayah Aceh.

Zakaria Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I SIM Banda Aceh mengatakan, dengan terjadinya pengumpulan masa udara di atas wilayah Aceh, maka akan tumbuh awan konvektif atau awan-awan  hujan.

“Maka kami pihak BMKG memperkirakan Aceh akan diguyur hujan hingga tiga hari kedepan mulai dari hujan ringan, sedang dan bahkan hujan lebat,” kata zakaria kepada mediaaceh.co, Senin 17 Oktober 2016.

Menurutnya, untuk gelombang laut diperkirakan Sabang – Banda Aceh 0,5 – 2.0 m, perairan utara – timur Aceh 0,5 – 2,5 m, selat malaka bagian tengah dan bagian utara Aceh 1,0 – 2,5 m, perairan Barat Selatan Aceh 1,0 – 2,5 m sedangkan Samudra Hindia bagian barat Aceh tinggi gelombang nya 1,5 – 2,5 m.

“Dengan keadaan seperti ini, maka kami menghimbau kepada masyarakat nelayan dan penyedia jasa transportasi penyebrangan agar selalu waspada, sedangkan bagi masyarakat didaratan agar waspada dalam berkendaraan karena jalan licin juga dapat memperpendek jarak pandang bila sedang hujan,” kata zakaria.

Sumber [ mediaaceh.co ]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY