Pulau Banyak, Pulau Eksotis di Ujung Barat Indonesia

689
Pulau Palambak, Kepulauan Banyak, Aceh Singkil (Instagram @hendralacoste)

Acehraya.co.id – Ujung barat kepulauan Indonesia tidak hanya terdapat pulau Sabang saja yang terkenal akan keindahan alamnya. Kabupaten Aceh Singkil juga memiliki salah satu destinasi wisata yang tak kalah eksotis, yakni Pulau Banyak.

Meski jarang terdengar gaungnya, Pulau Banyak ternyata salah satu lokasi yang populer di antara para surfer karena ombaknya yang indah, lokasinya yang masih alami dan pantai yang sepi.

Pulau Banyak yang merupakan suatu kepulauan ini, terdiri dari beberapa pulau kecil yang menyajikan keindahan pantai berpasir putih dengan keanekaragaman flora dan fauna yang akan memanjakan para wisatawan. Penasaran dengan destinasi wisata bahari yang satu ini? berikut ini ulasan Pulau Banyak, pulau eksotis di ujung barat Indonesia.

Lokasi Pulau Banyak

Pulau Banyak (Banjak) terletak di kabupaten Aceh Singkil, bagian selatan Nangroe Aceh Darussalam. Pulau Banyak merupakan sebuah kepulauan dengan pulau terbesar yakni Pulau Bangkaru, Pulau Palambak Besar, Pulau Tuangku dan Pulau Ujung Batu serta terbagi menjadi dua kecamatan yakni kecamatan Pulau Banyak dan kecamatan Pulau Banyak Darat.

Kecamatan Pulau Banyak terdiri dari 3 desa yakni desa Pulau Baguk, Pulau Balai dan Teluk Nibung. Sedangkan kecamatan Pulau Banyak Darat terdiri dari 4 desa yakni desa Suka Makmur, santola, Haloban dan Ujung Sialit.

Di antara pulau-pulau tersebut, pulau Balai merupakan pulau yang memiliki fasilitas terlengkap daripada pulau-pulau lainnya dan menjadi pusat perekonomian kecamatan Pulau Banyak.

Transportasi Menuju ke Pulau Banyak

Sebagai kepulauan tentu alat transportasi terbaik yang bisa digunakan adalah menggunakan kapal. Nah, untuk mencapai Pulau Balai dari Aceh Singkil ada tiga alternatif angkutan yang bisa kita gunakan.

Alternatif angkutan pertama yakni menggunakan speedboat. Yang disewakan di penyewaan speedboat Pelabuhan Jembatan Tinggi. Meski terbilang mahal, speedboat bisa menghemat waktu perjalanan Anda menjadi lebih singkat.

Alternatif kedua yakni menggunakan kapal ferry yang memiliki jadwal keberangkatan setiap hari Senin, Kamis dan Jumat. Sedangkan alternatif angkutna yang terakhir yakni dengan menggunakan kapal angkutan rakyat yang memiliki jadwal keberangkatan tiap pukul 7 pagi setiap hari.

Akomodasi yang Tersedia

Ketika mengunjungi Pulau Banyak, kita bisa menyewa penginapan di Pulau Balai dengan tarif berkisar Rp. 80.000 per malam atau bungalow di Pulau Palambak Besar dengan tarif sekitar Rp. 100.000 per malam.

Tapi jika ingin lebih berhemat dan lebih merasakan suasana petualangan, Anda bisa membawa tenda sendiri untuk didirikan di salah satu pulau yang belum berpenghuni.

Aktivitas Rekreasi di Pulau Banyak

Pulau Banyak tidak hanya menawarkan pemandangan alami pantai berpasir putih dan deretan pohon kelapa yang menawan. Berbagai aktivitas seperti menyelam, surfing, mengayuh kayak hingga konservasi penyu hijau bisa Anda lakukan di kepulauan Banyak.

Untuk lokasi penyelaman terbaik, Anda bisa mencoba spot penyelaman di Pulau Sikandang, Rago-rago, Pabisi dan Tallani yang memiliki perairan jernih sehingga Anda bisa melihat gugusan terumbu karang dengan jelas.

Di bulan April hingga Agustus beberapa pulau di kepulauan Banyak bisa memiliki ombak berketinggian 5 hingga 6 meter. Salah satunya di Pulau Bangkaru yang memiliki spot surfing terbaik.

Jika hendak menikmati keindahan alam dengan mengayuh kayak, Anda bisa mencoba bagian belakang pantai Pulau Pambak Besar yang memiliki ombak lebih tenang.

Selain sebagai spot surfing terbaik, Pulau Bangkaru juga merupakan pusat konservasi penyu hijau. Anda bisa melihat penyu hijau bertelur di pantia Amandangan setiap malam sepanjang tahun.

Ketika berkunjung ke Pulau Banyak, tidak ada salahnya Anda melakukan persiapan terlebih dahulu. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda siapkan sebelum menginjakkan diri di Pulau Banyak.

Baca Selengkapnya disini

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY