Gampong Nusa Gelar Nusa Festival

696
Banner Festival Nusa 2016

Acehraya.co.id – Jika Anda menyukai potret kehidupan manusia, alam, dan budaya, cobalah datang ke Nusa Festival 2016 di Gampong Nusa, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, mulai 16-29 Oktober 2016.

Dengan mengangkat tema “The Power of Village”, Nusa Festival 2016 menyajikan serangkaian kegiatan seperti Nusa Award, Nusa Carnaval, Nusa Berkemah, Nusa Berzikir, Nusa Green Action, Nusa & Fotografi, Nusa & Kearifan Lokal, Apresiasi Seni hingga malam puncak.

Rubama, Panitia Festival Nusa 2016 (Dok. Pribadi)
Rubama, Panitia Festival Nusa 2016 (Dok. Pribadi)

“Festival Nusa sudah digelar masyarakat gampong Nusa sejak 2007 silam. Dalam festival ini beragam seni dan budaya Aceh ikut dipertontonkan sebagai wadah hiburan bagi masyarakat setempat. Mulai dari permainan tradisional anak-anak hingga pementasan seni tari Aceh,” ujar Rubama, Panitia Festival Nusa 2016 saat dihubungi Acehraya.co.id.

Festival Nusa 2016 merupakan agenda tahunan yang dikolaborasikan oleh seluruh masyarakat gampong Nusa bekerjasama dengan berbagai pihak baik personal maupun lembaga.

“Tujuan dari Festival Nusa ialah aktualisasi kesadaran kolektif masyarakat dalam merealisasi gampong wisata dalam mewujudkan kemandirian masyarakat menuju ecovillage,” ujarnya.

Baca : Gampong Nusa, Desa Wisata Sosial di Aceh

Lebih lanjut Rubama mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya membungkus potensi gampong, peningkatan kapasitas kelompok sadar wisata dan berkampanye ke publik serta menjadi media evaluasi gampong Nusa untuk lebih mengembangkan potensi-potensi yang ada di desa ini.

Dengan nilai-nilai kearifan lokal yang dikemas dengan baik, bagi Rubama ini menjadi salah satu potensi pengembangan wisata lokal yang bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat.

“Potensi gampong yang ada selain di kembangkan juga dilestarikan bersama sehingga tidak ada lagi kepunahan budaya lokal,” ungkapnya.

Seperti diketahui gampong Nusa di kecamatan Lkonga ini  telah menjadi representatif sebagian keindahan alam Tanoh Rincong dan menjadi kampung wisata bagi turis yang ingin menikmati wisata alam di Aceh.

Menjaga kelestarian alam dan meningkatkan ekonomi masyarakat guna mewujudkan masyarakat berdaulat merupakan tujuan wisata di gampong Nusa. “Menghargai dan menjunjung tinggi local wishdom adalah potensi yang dibungkus dalam paket-paket wisata gampong Nusa,” tutup Rubama kepada Acehraya.co.id. [af]