Jalan Tol Trans Sumatera dari Aceh Sampai Bakauheni, Berapa Biayanya?

2054

Acehraya.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak hanya menaruh perhatian pada pembangunan jalan Tol di Jawa. Pembangunan jalan Tol di luar Jawa juga tak luput dari pengawasan. Salah satunya adalah jaringan Tol Trans Sumatera yang juga terus dikebut pekerjaannya.Total jaringan jalan Tol Trans Sumatera direncanakan mencapai 2.048 kilometer (km), yang terdiri dari 17 ruas jalan tol menyusuri pantai timur Sumatera menghubungkan Bakauheni hingga Aceh.

Menurut data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, estimasi kebutuhan dana mencapai Rp 22,53 triliun, untuk pembebasan tanah seluruh ruas jalan tol yang ditargetkan memiliki lebar hingga 60 meter. Biaya konstruksi secara keseluruhan mencapai Rp 144 triliun, dan biaya investasi sekitar Rp 273 triliun.

Dari total 17 ruas tersebut, pemerintah memberikan prioritas kepada sejumlah ruas selama 5 tahun, atau 2014-2019, yang pekerjaannya dipercayakan lewat penugasan ke BUMN konstruksi, yaitu PT Hutama Karya.

Ruas tol prioritas Trans Sumatera sepanjang 666,5 km itu meliputi Medan-Binjai 17 km, Palembang-Indralaya 24,5 km, Pekanbaru – Dumai 135 km, dan ruas Bakauheni – Terbanggi Besar 155 km.

Berikutnya adalah Terbangi Besar-Pematang Panggang 100 km, Pematang Panggang-Kayu Agung 85 km, Palembang-Tanjung Api-api 90 km, dan Tebing Tinggi-Kisaran 60 km.

Ditambah satu prioritas baru yakni Tol Aceh dengan rute Banda Aceh-Binjai.

sumber : [medanbisnisdaily]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY