Di Tangan Barista-barista Ini Kopi Rasa Pahit Jadi Makin Manis

848
Barista-barista Cantik di Indonesia

Makin betah deh ngopi di cafe

Kopi selama ini didentik dengan laki-laki. Tidak salah memang, karena memang laki-laki sangat dekat dengan kopi. Dari pagi, siang, sore hingga malam hari. Namun, itu tidak berlaku untuk perempuan-perempuan ini. Bukan lagi sebatas penikmat, tapi juga barista perempuan.

Barista (si tokoh yang ahli meracik kopi) bukan hanya profesi milik para pria. Di beberapa kedai kopi di Indonesia, perempuan-perempuan cantik rupanya banyak yang menyandang pekerjaan ini. Tangannya yang lentik tak kalah tegas memegang kendali mesin kopi dan mengangkat saringan untuk menyeduh secangkir minuman hitam pekat yang nikmat.

Mereka adalah para perempuan yang meramaikan lansekap kopi spesial di Indonesia sekaligus berada di garda terdepan yang bekerja keras dan harus berhadapan langsung dengan konsumen.

Para perempuan-perempuan tersebut memilih profesi ini dengan sepenuh hati. Kehadiran mereka seakan mendobrak asumsi maskulinitas profesi di industri kopi sekaligus memberi warna tersendiri di pasar kopi spesial Indonesia.

Siapa saja mereka?

1. Nabila Amanda Bilal

instagram.com/nabaamanda

Sudah cukup lama ia melakoni pekerjaan sebagai barista di Kopimana 27, Tebet, Jakarta Selatan. Kecintaannya terhadap kopi rupanya membuat perempuan penghobi cheerleader ini rela mengabdikan diri di balik mesin grinder.

2. Joei Alexander

instagram.com/nabaamanda

Perempuan berparas ayu ini menjadi rekan Nabila Amanda saat meracik kopi. Ia bertugas menyeduh kopi di Kopimana 27. Beragam single origin dengan lihai diracik, mulai Arabica Flores, Solok, hingga Kenya.

3. Siska Ayu Senda

instagram.com/sendasiska

Lagi-lagi Kopimana 27 punya barista yang ayu. Siska sehari-hari menjadi rekan Joei dan Nabila meracik kopi. Tak peduli hari libur, layaknya Sabtu dan Minggu, ia tetap rajin mengutak-atik mesin kopi.

4. Novita Riantika (Dek Ka)

Novita Riantika atau akrab disapa Dek ka. Gadis cantik dan berhijab berusia 20 tahun asal Desa Panggoi, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, Aceh, merupakan satu-satunya perempuan yang meramaikan lansekap kopi saring di Lhokseumawe dan Aceh, sekaligus berada di garda terdepan yang bekerja keras dan harus berhadapan langsung dengan konsumen.

Kehadiran Dek Ka sebagai Barista perempuan di Aceh, seakan mendobrak asumsi maskulinitas profesi di industri kopi sekaligus memberi warna tersendiri di pasar kopi Kota Lhokseumawe dan Aceh khususnya. 

Saat ini Novita Riantika (Dek Ka) bekerja untuk Abuwa Kupi di Jalan Samudera, Kota Lhokseumawe, Aceh. Dengan senyum sumringah plus lipstik merah yang menjadi ciri khas dara berlesung pipi ini, Tak kurang 200 gelas kopi disiapkan Dek Ka setiap hari untuk disajikan pada pengunjung.

Novita Riantika tertantang untuk menjadi seorang barista disebabkan, meracik dan meramu kopi Aceh butuh ketrampilan dan seni. Sehingga nantinya didapatkan kopi yang memiliki cita rasa khas.

5. Evani Jesslyn

instagram.com/evani_jesslyn

Dia adalah pemilik café di Semarang, namanya Strada Coffee. Evani dikenal menjadi pegiat kopi, bahkan prestasinya sudah sampai luar negeri. Ia tahu mana kualitas biji kopi yang kurang bagus, mana pula kualitas kopi yang sangat baik. Karena itu ia menyuguhkan kopi-kopi berkualitas baik di cafenya. Harapannya, kopi dengan kualitas terbaik bisa dinikmati semua orang.

6. Cindy Herlin Marta

instagram.com/martaacnd

A mother of Coffee Smith Jakarta. Begitulah ia menamakan diri di akun berbagi gambarannya, Instagram. Di beberapa foto unggahan yang ia tampilkan, tercermin bahwa perempuan berkaca mata itu memang penghobi kopi. Ia dengan lihai meracik kopi.

7.Irma Roseta

Irma Roseta

Perempuan berhijab ini diketahui sangat ahli membentuk sebuah lukisan artistik di secangkir latte. Kecintaannya terhadap kopi tak perlu diragukan lagi. Sebab, tak hanya menikmati, ia juga mampu membuatnya.

8. Avita Bernida Elsaviona

Avita Bernida Elsaviona

Barista cantik ini biasa akrab disapa Elsa. Melalui foto yang beredar menjelaskan bahwa ia peracik kopi yang cukup andal. Ia diketahui bekerja di Starbucks beberapa waktu lalu.

9. Grace Christiana

Grace Christiana

Meet Grace, 21 years old. Come and say hi to her, and she will give you her lovely smile as lovely coffee she serves. Happy Fri-yay!,

Begitulah Trafique – Coffee House, Jakarta Selatan, mengenalkan baristanya yang ayu. Perempuan ini tampak sangat anggun di balik mesin kopi.

10. Rika Ghani

Rika Ghani

Ia adalah peracik kopi di Starbucks. Kopi dan penyuka kopi sudah menjadi sahabatnya. Saat menyeduh minuman kental berwarna hitam itu, si perempuan manis ini selalu tersenyum.

bagaimana? tertarik minum kopi buatan barista cantik ini?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY