“Bijeuh Nanggroe” Jadi Tema Aceh Documentary Junior 2017

387
Banner Aceh Documentary Junior 2017

BANDA ACEH– Aceh Documentary Junior (ADJ) membuka kesempatan untuk berkarya bagi adik-adik pelajar tingkat SMA/Sederajat. ADJ adalah ajang kompetisi yang bertujuan untuk mengasah bakat-bakat pelajar di bidang pembuatan film dokumenter. Di sini calon sineas tidak hanya berkompetisi, tetapi ini adalah wadah edukasi untuk belajar dalam pembuatan film dokumenter.

ADJ merupakan salah satu program dari Yayasan Aceh Dokumenter (Aceh Documentary) yang sampai saat ini telah melatih 70 Siswa, 18 Sutradara Muda dan 9 Film Dokumenter semenjak 2015 hingga 2016 silam. Memasuki tahun ketiga, ADJ tetap fokus pada edukasi dan apresiasi melalui media film dokumenter yang diyakini mampu meningkatkan kreativitas serta daya pikir kritis dari pemuda, guna terus berkontribusi dan menjadi agen perubahan bagi lingkungan sekitarnya.

Pada tahun 2017 ini, ADJ mengangkat tema “Bijeuh Nanggroe”. Tema ini diperuntukkan kepada anak-anak generasi penerus Aceh yang belakangan dipahami sebuah kelompok kecil oleh orang dewasa baik secara sosial, pendidikan dan budaya. Sehingga tak jarang saat ini anak juga dianggap sebagai suatu kelompok yang harus menurut dan mengikuti segala aturan–aturan yang dibebankan kepadanya. Dalam hal ini,  ADJ akan memberi kesempatan kepada pelajar yang sedang duduk di kelas X dan XI di seluruh Aceh.

Melalui kompetisi ini, para sineas yang terlebih dahulu berkecimpung di dunia perfilman mengajak pelajar-pelajar untuk mengasah kemampuan di bidang pembuatan film, dan ini merupakan apresiasi kepada pelajar atas kreativitas yang selama ini dimiliki, namun tidak tersalurkan dengan baik.

Kali ini, ADJ juga memberi pelatihan kepada calon para finalis yang nantinya telah dinyatakan lolos ke tahap berikutnya. Pelatihan yang dimaksud adalah Present Forum dan In House Training yang bertujuan untuk mengasah kembali bakat calon sineas dalam pembuatan film dokumenter. Tahap berikutnya calon sineas akan memasuki tahap produksi/syuting, penayangan hingga penganugerahan film masing-masing finalis.

Pelatihan ini akan diisi dengan berbagai materi pembahasan seputar pembuatan film dari tahanan praproduksi hingga pascaproduksi. Calon sineas akan diberi penguatan penuh terkait perihal pembuatan hingga pemasaran film yang akan dibimbing oleh sineas asal Aceh maupun nasional yang sengaja dihadirkan untuk mengisi kelas di tahapan sesi masing-masing.

Sangat menarik, bukan? jadi tunggu apa lagi, ayo segera daftarkan diri kamu untuk bergabung bersama kami dengan mengusung semangat perubahan. Pendaftaran telah dibuka dari tanggal 23 Januari dan akan ditutup pada tanggal 15 Februari 2017  pukul 18.00 WIB. Adapun syarat lain yang harus dipenuhi dapat dilihat di website: www.acehdocumentary.com atau hubungi manager ADJ Irza Ulya 0812 6937 7519. []

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY