4 Finalis Lolos Aceh Documentary Junior 2017

261

Acehraya.co.id – Ajang pencarian bakat Aceh Documentary Junior (ADJ) telah memasuki tahapan “Present Forum” yang diadakan di Aula Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB). Seluruh peserta yang lolos ke tahapan pemilihan ide cerita terbaik yang terdiri dari 8 team telah berkumpul di Banda Aceh sejak Minggu kemarin (19/3). Kembalinya para peserta ke Banda Aceh yakni untuk melakukan Present Forum dihadapan dewan juri.

Aceh Documentary Junior (ADJ) tahun ini dengan mengusung tema “Bijeeh Nanggroe” yang diperuntukkan kepada anak-anak generasi bangsa yang dipercaya memiliki bakat serta kreatifitas yang sangat tinggi namun belum tersalurkan dengan baik. Anak-anak penerus bangsa ini dipercaya mampu membangkitkan nilai-nilai ke-Aceh-an yang selama ini kian memudar dikalangan masyarakat.

Keberadaan mereka diharapkan mampu mendongkrak masa depan suatu bangsa menjadi lebih bermartabat serta mengangkat kembali nilai-nilai kebudayaan serta adat-istiadat yang selama ini mulai ditinggalkan.

Melalui ajang kompetisi film dokumenter ini, dewan juri melakukan penyeleksian ide cerita terbaik yang memiliki kekuatan serta riset yang sesuai dengan isu-isu maupun keresahan yang sedangn berkembang di Aceh. Delapan team yang telah melakukan Present Forum selanjutkan dewan juri menetapkan 4 team yang masuk ke tahap nominasi untuk melakukan pemproduksian di lapangan hingga tahap editing.

Dari Total 8 Ide cerita film yang dipresentasikan langsung dihadapan dewan juri akhirnya terpilih 4 ide cerita terbaik yang akan diproduksi, Berikut nama-nama

Finalis dan judulnya:
1. Bocah Rapai Plok, Nursalliya Ansari B & Novira Ulfatun (MAN 1 Pidie), KAB. PIDIE
2. Berikan Aku Sekolah, Geubri Al-Varez & Qurrata ’ayuni (SMA Unggul Subulussalam), KAB. SUBULUSSALAM
3. Beut Ba’da Maghrib, Randi Khardova & T. Aufa (SMA 1 Indrapuri), KAB. ACEH BESAR
4. Berondolan Sawit, Ira Sanjaya & Rukiah (SMA Unggul Subulussalam), KAB. SUBULUSSALAM
Dewan Juri “Present Forum
1. Davi Abdullah (Kompas Tv & Penggiat Film Dokumenter)
2. Maulia Marhaban (Perwakilan dari Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (Rumoh Putroe Aceh)) atau P2TP2A
3. Suhiel (Perwakilan dari Yayasan Aceh Dokumenter dan Penggiat Film Dokumenter)
Selanjutnya para finalis akan menjalani proses In-House Training selama 4 hari bersama Tutor Profesional Film sebelum mereka kembali ke daerah untuk melakukan produksi. Selamat kepada Finalis ADJ 2017, dan tetap semangat kepada peserta yang belum lolos menjadi finalis tahun ini. Ditunggu partisipasinya di ADJ tahun depan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY