Joel Bungalow Lepas 40 Anak Penyu di Pantai Kuala Cut

421
Puluhan tukik atau anak penyu dilepas ke habitatnya di pantai Kuala Cut Lhoknga Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (18/3). Seluruhnya merupakan anak penyu jenis Lekang yang menetas di lokasi penangkaran di sekitar kawasan wisata pantai Lhoknga. [Zuhri Noviandi]

Acehraya.co.id – Sebanyak 40 Tukik (Anak Penyu) dilepaskan di Joel Bungalow Resort Pantai Kuala Cut, Lhoknga, Aceh Besar, Sabtu (18/3) sore. 40 tukik yang dilepas itu merupakan hasil penangkaran 45 hari di kawasan tersebut.

Tukik yang dilepas kembali ke laut merupakan tukik jenis Lekang dan tidak jauh ditemukan di kawasan pantai Kuala Cut. Pelepasan anak penyu sendiri dilaksanakan pada akhir pekan, agar menarik pengunjung yang datang dengan keluarga, khususnya anak-anak.

Pelepasan anak penyu tersebut bertujuan agar masyarakat lebih sadar terhadap perlindungan satwa yang sudah mulai langka itu. Setidaknya masyarakat tidak mengkonsumsi lagi telurnya, dan memberikan kesempatan menetas agar bisa kembali ke habitatnya.

Selain itu, adanya kegiatan seperti ini juga merupakan pengingat kepada pemburu penyu agar menghentikan kebiasaannya. Dimana saat ini spesies penyu juga merupakan salah satu spesies yang hampir punah serta juga mengajak masyarakat untuk melestarikannya.

“Semoga para pemburu penyu tidak melakukannya lagi, apalagi saat ini penyu ini hampir punah, jadi kalau bukan kita sendiri yang jaga siapa lagi,” harapnya.

Pada kegiatan ini sendiri, ada ratusan warga ikut menyaksiksan prosesi pelepasan anak penyu tersebut, yang dilepaskan sekitar pukul 17.00 WIB sore. Selain warga lokal, terlihat juga beberapa wisatawan luar negeri juga ikut berpartisipasi. []

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY