Gubernur Aceh Tinjau Lokasi Inseminasi Buatan Sapi di Aceh Besar

250

Acehraya.co.id – Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah meninjau lokasi Inseminasi Buatan Sapi Aceh di Balai Inseminasi Buatan (IB) Dinas Peternakan Aceh, yang berada di kawasan Saree, Selasa (9/5).

Zaini Abdullah tiba di lokasi ,tepatnya di gampong Sukdamai,Kecamatan Lembah Seulawah sekitar pukul 17.00 WIB dan disambut lansung oleh Dinas Peternakan Aceh.

Setelah beristirahat sejenak, Zaini Abdullah kemudian meninjau lokasi pengembangan sapi Aceh dan melihat lansung proses demontrasi Inseminasi Buatan yang dilakukan petugas Dinas Peternakan Aceh. Zaini Abdullah pun juga ikut melakukan inseminasi buatan bersama petugas.

Zaini Abdullah mengatakan sangat gembira melihat perkembangan peternakan di Aceh terutama sapi Aceh yang saat ini terus dilakukan oleh Dinas Peternakan Aceh.

“Kita sangat gembira, karena sekarang kita bisa mengembangkan sendiri sapi-sapi Aceh,” ujar Zaini.

Gubernur Aceh Tinjau Lokasi Inseminasi Buatan Sapi di Aceh Besar. Foto: IST

Dengan adanya program inseminasi buatan kata Zaini , akan mempercepat pengembangan baik sapi Aceh maupun jenis sapi lainnya.

“Dengan adanya pengembangan seperti ini, kita harap akan mampu  memenuhi kebutuhan sapi di Aceh,” ujar Zaini.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan Aceh, Zulyazaini Yahya mengatakan, ada sekitar 380 induk  sapi yang di kembangkan dilokasi tersebut.

UPDT Inseminasi Buatan kata  Zulyazaini telah mampu memprodhksi dan menghasilkan sperma beku sapi Aceh sehingga tidak perlu lagi di datangkan dari luar daerah.

“Dari Inseminasi buatan ini telah lahir beberapa anak sapi,” ujar Zulyazaini.

Lebih lanjut Zulyazaini menjelaskan, lokasi tersebut juga direncanakan sebagai Pusat Unit Pembibitan Ternak. 380 ekor sapi induk yang sudah ada akan  dijadikan bibit dan hasilnya baik jantan maupun betina  akan diserahkan kepada masyarakat untuk penggemukan atau pengembangan.

“Terkait mekanismenya bagaimana, apa dalam bentuk hibah atau mawah itu akan kita atur nanti,” ujar

Zulyazaini berharap, kedepan Pemerintah Aceh tidak perlu lagi memasok sapi dari luar Aceh , karena sudah bisa dikembangbiakkan di Aceh.

Aceh Hasilkan Empat Plasma Nutfah

Pada kesempatan tersebut, Zulyazaini juga menyampaikan bahwa di masa kepemimpinan Zaini Abdullah, Aceh telah menghasilkan empat plasma Nutfah yang di akui Nasional. Ke empat Plasma Nutfah tersebut adalah, Sapi Aceh,  Kerbau Siemuelue, Kuda gayo, dan Kerbau Gayo.  “InsyaAllah, kedepan kita berharap Aceh menjadi lumbung ternak yang berbasis lokal,” ujar Zulyazaini. []

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY