Al Qolam Apps, “Live” Ngaji Bareng Kerabat Tanpa Batasan Jarak dan Waktu

111
AL-QOLAM APPS

Acehraya.co.id – Datangnya bulan suci Ramadhan, Al Qolam meluncurkan sebuah aplikasi mengaji versi digital yang dikemas secara komprehensif bagi umat Muslim, Al Qolam Apps.

Al Qolam Apps telah tersedia dan dapat diunduh melalui Google Play Store. Ke depan, aplikasi ini dapat juga diunduh oleh pengguna smartphone keluaran Apple. Pengguna dapat belajar membaca Al Quran, mendengarkan murotal Al Quran, mendapatkan pemberitahuan waktu sholat, serta menentukan arah kiblat sholat.

Tak hanya itu, pada Al Qolam Apps juga terdapat halaman sosial media yang bertujuan agar pengguna dapat merekam baik audio atau video mengajinya, lalu membagikannya di halaman profil sehingga pengguna lain dapat melihat dan memberikan komentar.

Sejak 2008, Al Qolam telah merilis berbagai produk inovatif dan edukatif untuk kebutuhan masyarakat Muslim, seperti serie Smart Quran (versi cetak), Al Quran Digital Talking Pen, serta Hafiz Hafizah Talking Doll yang semua produknya telah mendapatkan sertifikat tashih atau legalitas dari Departemen Agama RI. Karena inovasinya, pada 2016, Al Qolam mendapat penghargaan sebagai TOP Brand dan Digital Popular Brand. Sebelumnya, Al Qolam telah meraih Rekor Dunia dari MURI pada 2013 dan Rekor Indonesia 2010 sebagai produk Al Quran inovatif.

Kali ini, inisiasi meluncurkan Al Qolam Apps yang merupakan Smart Quran berbasis aplikasi didasari pada kemajuan teknologi dan kebutuhan akan akses informasi tanpa batasan jarak dan waktu. Hal ini selaras dengan misi Al Qolam, memberantas buta huruf Al Quran dan memasyarakatkan Al Quran.

Direktur Al Qolam, Ayu Palupi mengungkapkan bahwa Al Qolam Apps diluncurkan guna mempermudah masyarakat belajar membaca Al Quran dan mempermudah aksesnya di mana pun dan kapan pun. Tak hanya sekedar ‘bisa membaca’, namun masyarakat dapat langsung belajar membaca Al Quran dengan baik dan benar karena Al Qolam Apps dilengkapi dengan fitur Tajwid, yang berisi penjelasan hukum bacaan serta contoh bacaannya.

AL-QOLAM APPS

Selain Tajwid juga terdapat fitur Maqamat yaitu seni baca Al Quran, di mana pengguna dapat belajar alunan intonasi dan irama dalam melagukan bacaan Al Quran. Ada 7 Maqam yang terdapat dalam fitur ini yaitu Maqam Bayyati, Maqam Hijaz, Maqam Shaba, Maqam Rast, Maqam Jiharkah, Maqam Sika, dan Magam Nawahand.

Baik fitur Tajwid maupun Maqamat dalam Al Qolam Apps dilengkapi audio sehingga pengguna akan lebih mudah mempelajari dengan mengulang-ulang penjelasan dan contohnya. Jika pengguna hanya ingin mendengarkan murotal Al Quran, terdapat murotal Syaikh Misyari Rashid lengkap 30 Juz dalam Al Qolam Apps ini. Pengguna dapat memilih surah dan ayat yang ingin didengarkannya.

AL-QOLAM APPS

Ayu Palupi menambahkan, “Yang menarik, lewat aplikasi ini, pengguna bisa membaca Al Quran dan merekamnya baik dalam bentuk audio maupun video, bisa sendiri, duet dengan akun lain, bahkan berkelompok. Lalu, pengguna bisa membagikannya di halaman profil mereka layaknya aplikasi karaoke yang sudah ada. Hanya saja, yang berisi di dalamnya adalah Al Quran 30 Juz, bukan lagu-lagu. Nah, ini bisa dimanfaatkan oleh pengguna sambil ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa di bulan Ramadhan ini.”

Tak hanya video dan audio mengaji, fitur sosial media pada Al Qolam App juga bisa digunakan sebagai sosial media untuk sekedar update status, menambah pertemanan, unggah gambar, foto, video, dan sebagainya. Ada juga fitur “Pilihan Editor” yang akan memunculkan video dan audio populer pilihan editor setiap harinya.

Untuk mengapresiasi pengguna, Al Qolam memberikan kejutan berbagai hadiah bagi yang beruntung dalam kompetisi #AlQolamMengaji dengan cara mengunduh, merekam video mengaji dan share di halaman profil masing-masing. Informasi kompetisi dapat mengunjungi alqolamapp.com, pungkas Ayu Palupi. []

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY