Global Tiger Day 2017 Bertajuk #Time4Tiger & #Run4Tiger

166
Banner Aksi Global Tiger Day 2017 kota Banda Aceh, Aceh

Acehraya.co.id – Memperingati Hari Harimau Sedunia (Global Tiger Day) yang jatuh setiap tahunnya pada tanggal 29 Juli, lintas komunitas dan lembaga pecinta satwa di Banda Aceh akan melakukan aksi kampanye yang bertajuk “#Time4Tiger & #Run4Tiger”, pada hari Minggu, (30/07/2017), Banda Aceh, Aceh.

Koordinator Aksi dari Earth Hour Aceh, Cut Ervida mengatakan, Hari Harimau Sedunia 2017 diperingati dengan melakukan aksi kampanye penyadaran untuk masyarakat mengenai pentingnya meningkatkan jumlah harimau di dunia yang saat ini sedang terancam punah dan mendesak kepada Pemerintah Aceh untuk segera selamatkan populasi harimau sumatera yang tersisa di hutan Aceh saat ini.

“Kami menyerukan agar pemerintah Aceh serius untuk menindak tegas setiap upaya penghancuran hutan Aceh yang mengancam kelestarian harimau sumatera. Kami juga meminta aparat penegak hukum memberi hukuman yang berat bagi pemburu dan pedagang harimau yang kasusnya marak terjadi di Aceh,” kata Cut Ervida, Sabtu (29/7).

“Aksi kampanye besok (Minggu, 30/7/2017) merupakan bagian dari peringatan Global Tiger Day yang jatuh pada tanggal 29 Juli setiap tahunnya. Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi, silahkan berkumpul di Taman Sari. Ini adalah salah satu bentuk kepedulian kita terhadap penyelamatan harimau yang sudah diambang kepunahan,”

Dia menuturkan, dukungan publik sangat penting untuk meningkatkan kembali populasi harimau karena tekanan manusia merupakan faktor utama dari berkurangnya populasi harimau. Ia berharap, aksi peringatan Hari Harimau Sedunia memberikan dampak positif bagi penyelamatan harimau di Aceh.

“Perlu aksi positif dari masyarakat, LSM, komunitas dan media untuk memberikan suara dan aksi nyata untuk mendesak pemerintah dan aparat penegak hukum mengambil kebijakan dan aksi nyata dalam mencegah kepunahan harimau melalui kebijakan pembangunan yang pro lingkungan dan penegakan hukum terhadap kejahatan satwa,” tuturnya.

Lebih lanjut ungkap Cut Ervida, dalam aksi yang akan dilaksanak esok hari, para peserta akan melakukan parade di jalan protokol Banda Aceh sambil membawa spanduk, poster dan topeng-topeng harimau. “Mereka akan berjalan mulai dari Taman Sari menuju depan Mesjid Raya dengan menampilkan aksi teaterikal, membaca puisi, bermain perkusi dan berorasi,” kata Cut Ervida.

Selain itu sebanyak 15 orang pelari dari komunitas Indorunner juga memberikan dukungannya bagi penyelamatan harimau sumatera dengan berlari sambil memakai topeng harimau sejauh 10 Kilometer keliling kota Banda Aceh. Mereka bergabung dengan aksi lari virtual yang diikuti serentak oleh 876 orang dari seluruh Indonesia.

Aksi Global Tiger Day di Banda Aceh didukung oleh Forum Harimau Kita, Earth Hour Aceh, WWF Indonesia, Forum Kolaborasi Komunitas, Indorunner, Duta Wisata Banda Aceh dan Aceh Besar, Duta Bahasa, Mahasiswa Unsyiah, Mahasiswa UIN Arranirry, Duta Lingkungan, Desa Anak SOS, Avengers, dan lain-lain.

Aksi Global Tiger Day dilaksanakan serentak di 10 kota di Indonesia yakni Banda Aceh, Medan, Padang, Bengkulu, Pekanbaru, Palembang, Jambi, Lampung, Purwokerto dan Jakarta. Di Banda Aceh, selain aksi parade dan lari, Earth Hour Aceh juga mengunjungi sekolah-sekolah di Banda Aceh untuk mesosialisasikan pentingnya melestarikan harimau sumatera. [acehinsight.com]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY