Pemko Banda Aceh Bersama Lintas Komunitas Siap Sukseskan Jambore Nasional #BebasSampah

177

Acehraya.co.id – Pemerintah Kota Banda Aceh bersama segenap lintas komunitas siap menyukseskan pelaksanaan Jambore Nasional #BebasSampah Tahun 2017. Pemerintah Kota Banda Aceh bersama segenap lintas komunitas siap menyukseskan pelaksanaan Jambore Nasional #BebasSampah Tahun 2017.

Walikota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE.Ak., MM menegaskan, “Banda Aceh sebagai peraih 9 penghargaan Adipura insya Allah siap menjadi tuan rumah Jambore Nasional #BebasSampah2020 Tahun 2017.” Aminullah menambahkan, “Ajang pertemuan pegiat isu persampahan Nasional ini akan dipusatkan di Hutan Kota Tibang, 10 s.d. 12 November 2017”.

Sementara itu Ketua Panitia Lokal Jambore Nasional #BebasSampah Tahun 2017, Gemal Bakri, berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan dalam mewujudkan Banda Aceh Bebas Sampah..Gemal melanjutkan, “Di kota Banda Aceh saat ini sudah mulai diterapkan Sistem Waste Collecting Point (WCP). Sistem ini merupakan pengelolaan sampah pada sumbernya secara mandiri oleh warga desa, di mana satu fasilitas WCP mencakup 20-30 rumah tangga.

“Rama Herawati, panitia dan pegiat komunitas Zero Waste Aceh (ZWA) menjelaskan, panitia pelaksana berinisiatif menjumpai para pimpinan lembaga pendidikan guna mengundang partisipasi peserta Jambore. Dengan cara ini, diharapkan para peserta dapat mengaplikasikan pengalamannya selama mengikuti Jambore ketika kembali ke sekolah dan kampus di Aceh. Sehingga, dapat mempercepat terwujudnya Aceh Bebas Sampah.

Nanda Satria, Ketua Forum Kolaborasi Komunitas, menjelaskan, “Kegiatan ini diharapkan dapat melibatkan 5 pelaku utama isu persampahan yang terdiri atas masyarakat, pemerintah, swasta, media dan tokoh masyarakat.” Jambore Bebas Sampah Nasional 2017 turut didukung oleh sejumlah kementerian di tingkat pusat.

Koordinator Nasional Jambore Nasional #BebasSampah2020 Tahun 2017, Latansa Fashola Yahfa yang akrab dipanggil Sasa menjelaskan, kegiatan Jambore Nasional #BebasSampah2020 yang perdana sudah berhasil dilaksanakan di Kota Solo pada tahun sebelumnya dan telah menghasilkan Deklarasi Bebas Sampah Nasional 2020 serta 13 Isu Persampahan Nasional.

Dalam pelaksanaan Jambore tahun ini, panitia akan diluncurkan Green Pages, yaitu daftar lampiran yang berisi biodata komunitas pegiat lingkungan senusantara. Adapun bentuk kegiatan utama Jambore Nasional #BebasSampah2020 Tahun 2017, terdiri atas: Forum lintas pemangku kepentingan dan para pakar, Diskusi roadmap percepatan menuju Indonesia Bebas Sampah 2020, Persiapan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018.

Sebagai pendukung turut diadakan sejumlah kegiatan, antara lain:
1. Jelajah kearifan lokal;
2. Kerja bakti;
3. Konferensi pers;
4. Laporan HPSN 2017;
5. Peluncuran Green Pages 2017;
6. Malam kebersamaan dan penganugerahan; serta
7. Pengajuan tuan rumah Jambore 2018

[]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY