Menteri Pariwisata dan Gubernur Aceh Hadiri Rapat Persiapan Sail Sabang

106
Foto : Humas Aceh

Acehraya.co.id – Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Sail Sabang 2017, di Balaikota Sabang, Selasa 21 November 2017. Sebelum melaksanakan rapat, gubernur bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya, terlebih dahulu meninjau lokasi acara, yaitu di pelabuhan CT-3 milik BPKS Sabang.

Dalam rapat yang dipimpin Menteri Arif itu, lebih banyak dibahas kesiapan pra dan paskaacara. “Presiden menginginkan agar nantinya seusai Sail, apa impact yang diterima masyarakat,” kata Menteri Arif.

Acara Sail Sabang sendiri akan dibuka Presiden Joko Widodo. Di mana akan ada 300 penari yang membawakan tari kolosal pada pembukaannya. Para penari asli Aceh itu, akan mementaskan tari kolosal bertema kepahlawanan, dengan sosok sentral Keumalahayati. Malahayati sendiri adalah pahlawan nasional perempuan asal Aceh, yang dikenal sebagai pimpinan maritim dalam perjuangan melawan penjajah Belanda.

Foto : Humas Aceh

Gubernur Irwandi mengatakan bahwa tari tradisi Aceh dan Indonesia pada umumnya dimainkan tanpa mengenakan alas kaki. Hal itu diamini pula oleh Menpar dan panitia acara.

Namun demikian, kata Irwandi, ia meminta agar panitia bisa memastikan semua penari mengenakan alas kaki saat pertunjukan nantinya. Meski tarian hanya berlangsung 10 menit, namun kondisi semen pelabuhan yang panas sangat menyiksa kaki, jika para penari dipaksakan menari bertelanjang kaki.

“Kasih mereka sepatu tipis yang biasa dipakai penari balet. Panas ini kalau mereka nggak pakai sepatu,” kata Irwandi.

Panitia memastikan untuk memenuhi permintaan gubernur. Dalam pekan ini, semua penari akan dibekali dengan sepatu sebagai pendukung tarian.[humasaceh]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY