Warga Banda Aceh Ikut Gerakan Pandu Laut Nusantara “Menghadap Laut”

27

Acehraya.co.id, Banda Aceh – Untuk menjaga pantai dan laut bersih dari sampah, ratusan masyarakat di Banda Aceh sepertir sahabat laut, KuALA, mahasiswa, instansi pemerintah dan swasta yang tergabung dalam Gerakan Pandu Laut Nusantara melakukan aksi membersihkan sepanjang Pantai Ulee Lheu, Kecamatan Meuraxa Banda Aceh. Minggu (19/08/18).

Perwakilan Gerakan Pandu Laut Nusantara di Aceh, Dhea Ishar mengatakan, selama ini masyarakat selalu membelakangi laut sehingga pantai serta laut di Indonesia tercemari oleh sampah plastik, karena itu perlu adanya gerakan menghadap laut sebagai wujud perhatian terhadap kebersihan laut.

“Ibu Susi menyampaikan selama ini semua telah membelakangi laut, makanya sekarang harus mengahadap laut. Pembersihan pantai ini dilakukan dalam rangka menyambut HUT ke-73 RI,” kata Dhea Ishar, peserta dari Yayasan Ekonusa, kepada wartawan, Minggu.

Menurut Dhea, sampah yang dibersihkan dari Pantai wisata Ulee Lheu Banda Aceh oleh 100 peserta itu didominasi plastik bekas botol minuman dan bekas tempat makanan.

“Hasil pembersihan pantai yang paling banyak jenis sampah plastik, seperti kemasan minuman dan makanan, karena saat pembersihan tadi kita pisah beberapa jenis sampah,” katanya.

Dhea juga mengatakan, saat ini Idonesia merupakan negara kedua di dunia yang paling banyak sampah plastik di pinggir laut, karena itu masyarakat perlu menjaga laut dari sampah tersebut.

“Ayoo bersama menjaga laut dari ancaman sampah plastik sebelum semua tercemar,” harapnya.

Bersih pantai tersebut, digagas langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Menteri Susi membuat gerakan dan kebijakan dalam melestarikan sumber daya alam hayati laut dan pesisir.

Aksi bersih laut yang diberi nama ” Gerakan Menghadap Laut” kali ini dilakukan secara serentak di 76 titik pantai dengan melibatkan 20.000 lebih peserta dari seluruh Indonesia, mulai dari Aceh sampai Papua. []